Lembaga Tradisional

  • Dibaca: 706 Pengunjung

1. Desa Adat / Pekraman

          Desa Pakraman sebagai salah satu lembaga tradisional yang ada di Bali telah mampu berperan aktif dalam menunjang pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di masyarakat Desa Gunaksa dengan telah berdirinya Lembaga Perkreditan Desa ( LPD ) yaitu LPD Desa Pakraman Gunaksa.

2. Subak

           Di Desa Gunaksa peran serta lembaga subak sangatlah penting didalam menunjang dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi terutama di bidang pertanian.

1.  Subak Sawah Gunaksa.

2.  Subak Sawah Sampalan Dlod Margi

3.  Subak Sawah Sampalan Baler Margi

4.  Subak Abian Gunung Sari.

3. Sekaa Teruna

          Sekaa Teruna yang ada di Desa Gunaksa yang merupakan generasi penerus Banjar sangatlah mendukung pelaksanaan Pembangunan baik pembangunan fisik maupun non fisik. Ada 7 ( tujuh ) Sekaa teruna di Desa Gunaksa.

1. Candi Semara

2.

3. ST Dharma Sesana

4.

5. Jaya Paranditha

6.

7.

4. Kelompok Belajar Paket ( Kejar Paket )

          Ada 2 ( dua ) kelompok Kejar Paket yaitu Kelompok Keaksaraan Fungsional I dan  Kelompok Keaksaraan Fungsional II.

5. Lembaga Perekonomian dan Keuangan

           Di Desa Gunaksa terdapat 1 ( satu ) lembaga adat yang dibentuk sebagai lembaga untuk membantu masyarakat terutama dalam hal keuangan yaitu LPD Gunaksa dengan Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Bali Nomor 972 Tahun 1984,

6. Dasa Wisma

           Desa Gunaksa di masing-masing Dusun terdapat kelompok Dasa Wisma yang merupakan kelompok strategi sebagai wahana dalam memotivasi, membina masyarakat dalam membangun yang dimotori oleh wanita yang terkait dengan 10 ( sepuluh ) Program Pokok PKK.

7. Posyandu

           Posyandu di Desa Gunaksa terdiri dari 7 ( tujuh ) Posyandu yang berlokasi di masing-masing Dusun dengan program kerjanya sesuai dengan keputusan hasil rapat Kepala Desa dengan Tim Penggerak PKK dan Kelompok Kerja operasional Posyandu. Kelompok Posyandu yang tersebar di masing-masing Dusun yang digerakkan oleh Kader untuk mengetahui sedini mungkin perkembangan Balita yang menyangkut berat badan, makanan tambahan maupun yang lainnya.

8. BKB ( Bina Keluarga Balita )

           Untuk meningkatkan peranan ibu dan keluarga dalam mengetahui sedini mungkin pertumbuhan dan perkembangan anak-anak sesuai dengan usia dan aspek fisiknya di Desa Gunaksa telah dibentuk Kelompok BKB yang dikoordinasikan oleh Kepala Desa dan LKMD sesuai dengan seksi masing-masing. BKB di Desa Gunaksa dapat dikatakan telah berjalan dengan baik dalam membina Balita.

  • Dibaca: 706 Pengunjung